Selasa, 19 April 2016

ANALISIS PEMBELAJARAN MATA KULIAH AUDITING (KOMPETENSI DALAM AUDITOR JUDGMENT)

      Proses pembelajaran di Indonesia masih belum efektif, karena siswa hanya sebagai pendengar pasif. Ini menyebabkan siswa tidak dapat kritis dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran ilmu auditing tidak dapat dilepaskan dengan tuntutan dunia praktik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan auditor judgment dalam pelaksanaa audit. Hasil penelitian empirik menunjukkan bahwa penerapan ilmu auditing sebagai dasar kompetensi bagi profesi Auditor dalam dunia praktik membutuhkan perspektif ilmu yang sangat luas. Profesionalisme auditor dituntut harus memiliki kemampuan hard skill dan soft skill.
     Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan : pertama yaitu Proses Kognisi Auditor Judgment. Judgment adalah suatu proses kognitif yang merupakan perilaku pemilihan keputusan. Pertimbangan auditor tergantung dari persepsi situasi. Judgment merupakan dasar dari sikap professional. Kualitas judgment dapat dibentuk dan diarahkan dalam proses pembelajaran yang benar.
        Kedua, Determinan Auditor Judgment yang Perlu Dipertimbangkan dalam Proses Pembelajaran. Menurut hasil penelitian empirik ada beberapa determinan penting yang perlu dicermati dalam merancang proses pembelajaran mata kuliah auditing. Determinan sangat berkaitan dengan keberhasilan proses pembelajaran mata kuliah auditing. Out put dari pembelajaran tersebut harus mampu mengatasi kendala konseptual muncul ketika seorang auditor membuat auditor judgment. Determinan tersebut antara lain : (a) Independensi/Kepercayaan Diri, (b) Kompleksitas Tugas, (c)Tekanan Kerja (stress), (d) Tekanan Anggaran Waktu
      Yang ketiga yaitu Pembelajaran. Belajar merupakan akibat adanya interaksi, simulasi, dan respon. Seseorang dapat dikatakan telah belajar apabila dia menujukkan perubahan pada perilakunya. Dalam belajar hal yang terpenting adalah input berupa stimulasi dan output berupa respon. Pengukuran sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan tingkah laku yang terjadi. Dalam proses pembelajaran meliputi ; (a) Soft Skill dan Hard Skill, (b) Sikap Kritis, (c) Kreatifitas, (d) Mentalitas.

Daftar pustaka : Abdolmohammadi,    M. dan A. Wright.  1987. An  examination    of  the  effects   of experience   and  task  complexity   on audit   judgments.     The   Accounting Review  62 (January):   1-13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar